Media Sosial dan Fungsinya

Media adalah media untuk interaksi sosial, dengan menggunakan teknik komunikasi yang sangat mudah dan scalable. Media sosial adalah penggunaan teknologi berbasis web dan mobile untuk mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Andreas Kaplan sosial dan Michael Haenlein juga mendefinisikan media sosial sebagai “kelompok aplikasi berbasis Internet yang dibangun di atas fondasi ideologi dan teknologi Web 2.0, yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran konten yang dibuat pengguna”.

Dengan semakin berkembangnya zaman, teknologi juga semakin canggih dan manusia semakin butuh inovasi baru. Beberapa macam sosial media yang banyak dipakai diantaranya:

1. Friendster Friendster menjadi sosial interaksi media pertama yang booming di dunia maya. Friendster menjadi daya tarik banyak orang karena memudahkan orang untuk berkomunikasi antara satu dan lainnya, terutama untuk orang yang tinggal pada jarak jauh. Selain itu aplikasi status menjadi daya tarik orang – orang, karena kita dapat mengetahui aktivitas orang tersebut.

 

 

 

 

 

2. Facebook Sejak awal kemunculan Facebook sudah mengalahkan kemunculan Friendster. Beberapa aplikasi pada Facebook yang tidak ada pada Friendster menjadi daya tarik Facebook.

 

 

 

 

3. Twitter Sekarang, sosial media Twitter menjadi salah satu sosial media yang paling banyak digunakan. Aplikasi yang simpel hanya dengan mengupdate status menjadi daya tarik para penggunanya.

4. Blog Blog merupakan sosial media yang lebih bersifat ke arah pribadi. Seseorang dapat menuliskan atau mencurahkan isi hatinya ke dalam blog.

5. MySpace Sosial media ini lebih sering dipakai oleh para musisi untuk mempromosikan musik mereka, terutama untuk para musisi indie.

6. Youtube Tidak beda jauh dengan MySpace, Youtube yang khusus untuk menamplikan video, menjadi sosial media untuk mempromosikan video klip baru para musisi atau mempromosikan film – film baru

Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan dari bauran pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dank lien. Media sosial platform, seperti blog, facebook, twitter, dan youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan tv, brosur, dan selebaran. Selain itu media sosial sekarang menjadi bagian integral untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung selain dari mesin pencari dengan memberikan tautan kepada situs kita.

Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Selain itu, media sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media konvensional, antara lain :

– Kesederhanaan Dalam sebuah produksi media konvensional dibutuhkan ketrampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing yang mumpuni. Sebagai perbandingan, media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet atau dapat dengan smartphone.

– Jangkauan Global Media tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya yang sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna. Rendahnya biaya dalam penggunaan media sosial membuatnya sangat berguna untuk bisnis kecil yang sering terhambat5 masalah biaya yang mahal jika berpromosi dengan media tradisional.

– Membangun hubungan Sosial media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan, sebagian besar karena real time alami mereka, interaktif. Perusahaan mendapatkan umpan balik secara langsung, ide pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepatr dan media tradisional tidak dapat melakukan hal itu. Media tradisional hanya memungkinkan untuk melakukan komunikasi satu arah. Tetapi facebook, twitter, dan sejenisnya memberikan pelanggan kesempatan untuk memilih jenis dan frekuensi untuk menerima dan mengirim pesan.

– Fleksibilitas Adaptasi media sosial membuat manajemen konten umumnya lebih fleksibel. Informasi dapat diperbarui, diubah, ditambah, dan dibahas dalam cara yang sama sekali tidak diketahui dalam penggunaan iklan cetak, sebuah artikel Koran atau majalah. Terlebih lagi, informasi dapat dipublikasikan dalam hitungan detik, sehingga memungkinkan bagi perusahaan untuk memastikan bahwa konten selalu up to date. – Terukur Dengan sistem tracking yang mudahh, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga langsung dapt mengetahui efektivitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu lama.

FUNGSI MEDIA SOSIAL

– Administrasi Pengorganisasian profil karyawan perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relative di mana posisi pasar ada sekarang. Pembentukan pelatihan kebijakan media sosial, dan pendidikan untuk semua karyawan pada penggunaan media sosial. Pembentukan sebuah blog organisasi dan integrasi konten dalam masyarakat yang relevan. Riset pasar untuk menemukan di mana pasar anda (karyawan, pembeli, dan pemasok)

– Mendengarkan dan belajar Pembuatan sistem pemantauan untuk “mendengarkan” apa yang pasar anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka

– Berpikir dan perencanaan Berdasarkan apa yang dipelajari pada langkah satu dan dua apa yang akan organisasi anda lakukan untuk menciptakan diferensiasi pasar, hhubungan, relative dan konten yang relevan dan apa teknologi sosial tertentu yang akan digunakan untuk melibatkan pasar anda dengan tepat. Bagaimana anda akan tetap di depan pasar dan bagaimana anda berkomunikasi ke pasar. Bagaimana teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional, hubungan pasar.

– Pengukuran Sekarang bahwa anda telah menyelesaikan langkah 1-3 dan memiliki pengetahuan dan data terkait yang relevan dengan pasar anda. Menetapkan langkah2 efektif sangat penting untuk mengukur apakah metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang anda gunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar anda.

 

Arief Raharjo                 153090124

Ika Rani Rievalin             153090283

Henrika Pilar Coleta      153090321

Ayu Dessy Wulansari      153090339

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: