Teknologi Desktop Publishing

Desktop Publishing

Desktop publishing adalah istilah yang diciptakan setelah perkembangan tertentu jenis perangkat lunak. Sebelum penemuan perangkat lunak penerbitan desktop tugas yang terlibat dalam desktop publishing dilakukan secara manual, oleh berbagai orang dan terlibat baik desain grafis dan prepress tugas-tugas yang kadang-kadang menyebabkan kebingungan tentang apa desktop publishing dan bagaimana hal itu dilakukan.

Desktop publishing adalah penggunaan komputer dan software untuk membuat tampilan visual dari ide dan informasi. Penerbitan dokumen Desktop mungkin untuk desktop atau percetakan komersial atau distribusi elektronik termasuk PDF, menunjukkan slide, newsletter email, dan situs web.

 

Definisi Lama / Tradisional: Desktop publishing adalah penggunaan komputer dan software khusus untuk membuat dokumen untuk desktop atau percetakan komersial. Desktop publishing mengacu pada proses menggunakan komputer untuk menghasilkan dokumen-dokumen seperti newsletter, brosur, buku, dan publikasi lain yang pernah dibuat secara manual dengan menggunakan berbagai teknik non-komputer bersama dengan mesin besar phototypesetting kompleks. Hari ini perangkat lunak penerbitan desktop semua itu – nyaris. Tapi sebelum PageMaker dan perangkat lunak penerbitan desktop lainnya ada e-sisik, paste-up, dan cara-cara non-komputer desktop menyusun rancangan untuk pencetakan.

Benar penerbitan berbicara, desktop adalah perakitan teknis file digital dalam format yang sesuai untuk dicetak. Dalam penggunaan praktis, banyak dari desain “grafis” proses juga dilakukan dengan desktop publishing dan software grafis dan kadang-kadang termasuk dalam definisi desktop publishing. Perbandingan antara desktop publishing dan desain grafis:

  • Apa Desktop Publishing – Ini adalah proses dengan menggunakan komputer dan tipe tertentu perangkat lunak untuk menggabungkan teks dan grafis untuk menghasilkan dokumen-dokumen seperti newsletter, brosur, buku, dll
  • Apa itu Desain Grafis – Ini adalah proses dan seni menggabungkan teks dan grafis dan mengkomunikasikan pesan yang efektif dalam desain logo, grafis, brosur, buletin, poster, tanda, dan setiap jenis komunikasi lainnya visual.

Perangkat lunak penerbitan Desktop adalah alat bagi desainer grafis dan non-desainer untuk menciptakan komunikasi visual.

Desktop publishing (juga dikenal sebagai DTP) menggabungkan sebuah komputer pribadi dan WYSIWYG layout halaman perangkat lunak untuk membuat publikasi dokumen pada komputer baik untuk penerbitan skala besar atau kecil skala lokal multifungsi periferal output dan distribusi.

Desktop publishing umumnya digunakan untuk menggambarkan tata letak halaman keterampilan. Namun, keterampilan dan perangkat lunak tidak terbatas pada kertas dan penerbitan buku. Keterampilan yang sama dan software yang sering digunakan untuk membuat grafik untuk menampilkan titik penjualan , materi promosi , pameran perdagangan menunjukkan , paket desain ritel dan luar tanda . Dengan kata yang sangat sederhana, dapat dikatakan bahwa itu adalah aplikasi pembuat halaman.

 

 

Sejarah

Desktop publishing dimulai pada tahun 1985 dengan diperkenalkannya MacPublisher, pertama WYSIWYG layout program, yang berjalan di atas 128K asli Macintosh komputer. (Desktop susunan kata , dengan hanya makeup fasilitas halaman yang terbatas, telah tiba di 1978-9 dengan pengenalan TeX , dan telah diperpanjang pada awal tahun 1980 oleh LaTeX pasar.) DTP itu meledak di tahun 1985 dengan diperkenalkannya pada bulan Januari Apple LaserWriter printer , dan kemudian pada bulan Juli dengan diperkenalkannya PageMaker perangkat lunak dari Aldus yang dengan cepat menjadi standar industri perangkat lunak DTP.

Publikasi pertama yang diketahui menggunakan ‘desktop publishing’ untuk diproduksi massal dan dijual publikasi adalah Kitab Barter di Campbell River British Columbia yang mulai menerbitkan pada bulan Oktober 1984. Barter Buku membeli komputer Macintosh dan imagewriter Apple pada bulan Februari 1985. Menggunakan MacPublisher I, II dan III yang berulang kali jatuh. Kemudian mencoba Pagemaker II dengan hasil yang sama. Perangkat lunak pertama yang bekerja sempurna adalah Ready, Set, Go.

Kemampuan untuk membuat WYSIWYG layout halaman di layar dan kemudian mencetak halaman pada garing 300 dpi resolusi yang revolusioner bagi industri susunan kata dan industri komputer pribadi. Surat Kabar dan publikasi cetak lain yang dibuat pindah ke program berbasis DTP dari sistem tata letak lama seperti Atex dan program lain seperti itu di awal 1980-an.

Istilah “desktop publishing” tersebut diberikan untuk Aldus Corporation pendiri Paulus Brainerd , yang mencari pemasaran menangkap-frase untuk menggambarkan ukuran relatif kecil dan keterjangkauan suite ini produk dalam kontras dengan mahal komersial phototypesetting peralatan hari.

Dengan standar ini, desktop publishing awal adalah urusan primitif. Pengguna PageMaker-LaserWriter-Macintosh 512K sistem mengalami crash perangkat lunak sering, Mac kecil 512 x 342 dan putih layar-bit hitam 1, ketidakmampuan untuk mengontrol spasi huruf , kerning (penambahan atau penghapusan ruang antara karakter individu dalam sepotong teks mengeset untuk memperbaiki penampilan atau mengubah sesuai perusahaan) dan lainnya fitur tipografi , dan perbedaan antara tampilan layar dan dicetak output. Namun, hal ini merupakan kombinasi revolusioner pada waktu itu, dan telah diterima dengan sambutan yang cukup besar.

Layar belakang teknologi yang dikembangkan oleh Adobe Systems menetapkan dasar untuk aplikasi desktop publishing profesional. The LaserWriter dan Plus LaserWriter printer termasuk kualitas tinggi, scalable Adobe PostScript -font dibangun ke mereka ROM memori. The LaserWriter’s PostScript kemampuan diizinkan publikasi desainer untuk file bukti pada printer lokal kemudian mencetak file yang sama di DTP biro jasa menggunakan resolusi optical 600 + ppi-printer PostScript seperti dari Linotronic . Kemudian, Macintosh II dirilis yang jauh lebih cocok untuk desktop publishing karena yang lebih besar, layar warna, dukungan untuk menampilkan beberapa, kapasitas RAM yang lebih besar dan perusahaan SCSI interface penyimpanan yang diizinkan cepat, berkapasitas tinggi hard drive harus terpasang ke sistem.

Meskipun berbasis sistem Macintosh akan terus mendominasi pasar, di 1986, GEM berbasis Ventura Penerbit diperkenalkan untuk MS-DOS komputer. Sementara karton metafora’s PageMaker erat simulasi proses pembuatan layout secara manual, Ventura Publisher otomatis proses tata letak melalui penggunaan tag / style sheet dan secara otomatis dihasilkan indeks dan bahan tubuh lainnya. Hal ini membuat cocok untuk buku pedoman, dan lainnya lama-format dokumen. Desktop publishing pindah ke pasar dalam negeri pada tahun 1986 dengan Profesional Page untuk Amiga , Penerbitan Partner (sekarang PageStream) untuk Atari ST , GST’s Timeworks Penerbit pada PC dan Atari ST dan Calamus untuk TT030 Atari . Bahkan untuk komputer 8-bit seperti Apple II dan Commodore 64 software diumumkan: Home Penerbit, The Berita dan geoPublish .

Selama tahun-tahun awal, desktop publishing mendapatkan reputasi buruk dari pengguna yang tidak terlatih yang kurang terorganisir menciptakan efek tebusan catatan layout – kritik yang akan dikenakan lagi terhadap awal web penerbit satu dasawarsa kemudian. Namun, beberapa mampu mewujudkan hasil yang benar-benar profesional. Misalnya, . majalah info menjadi desktop pertama yang diterbitkan, penuh warna, kios koran majalah pada triwulan terakhir tahun 1986, menggunakan kombinasi Commodore Amiga komputer, perangkat lunak penerbitan desktop Profesional Page, dan Agfa seter Graphics. Yang dikenal pertama “publikasi desktop” adalah Barter Buku yang diterbitkan di Campbell River British Columbia Kanada. Using a 512k Fat Mac and an imagewriter in February 1985. Menggunakan Mac 512K Lemak dan imagewriter sebuah pada bulan Februari 1985.

Seringkali dianggap sebagai keterampilan dasar, peningkatan aksesibilitas untuk lebih ramah-pengguna perangkat lunak DTP telah membuat DTP keterampilan sekunder ke arah seni , desain grafis , multimedia pembangunan , komunikasi pemasaran , karir administrasi dan keaksaraan lanjutan sekolah tinggi di negara berkembang. Tingkat keterampilan DTP berkisar dari apa yang mungkin bisa dipelajari dalam beberapa jam (misalnya belajar bagaimana memasukkan clip art dalam pengolah kata) untuk apa yang memerlukan pendidikan perguruan tinggi dan tahun pengalaman (misalnya agen periklanan posisi). Disiplin keterampilan DTP berkisar dari keterampilan teknis seperti produksi prepress dan pemrograman untuk keterampilan kreatif seperti desain komunikasi dan pengembangan citra grafis .

Kapan desktop publishing diciptakan?

Beberapa peristiwa pertengahan 1980-an termasuk pengembangan Aldus PageMaker (sekarang Adobe PageMaker) diantar masuk era desktop publishing. Ini memang pengenalan baik LaserWriter Apple, desktop printer PostScript, dan PageMaker untuk Mac yang menggebrak revolusi desktop publishing. Aldus Corporation pendiri Paul Brainerd, biasanya dikreditkan untuk coining kalimat, “desktop publishing.” 1985 adalah tahun yang sangat baik.

  1. 1984 – The Apple Macintosh debut.
  2. 1984 – Hewlett-Packard memperkenalkan LaserJet, printer laser desktop yang pertama.
  3. 1985 – memperkenalkan Adobe PostScript, industri standar Page Deskripsi Language (PDL) untuk typesetting profesional.
  4. 1985 – Aldus PageMaker mengembangkan untuk Mac, penerbitan “pertama desktop” aplikasi.
  5. 1985 – Apple menghasilkan LaserWriter, printer laser desktop yang pertama mengandung PostScript.
  6. 1987 – PageMaker untuk platform Windows diperkenalkan.
  7. 1990 – kapal Microsoft Windows 3.0.

Maju cepat tahun 2003 dan seterusnya. Anda masih dapat membeli Hewlett-Packard dan Apple LaserJets LaserWriters tetapi ada ratusan printer lainnya dan produsen printer untuk memilih dari juga. PostScript adalah pada tingkat 3 sementara PageMaker adalah pada versi 7, tetapi sekarang dipasarkan ke sektor bisnis.

Dalam tahun-tahun sejak diperkenalkan PageMaker dan pembelian oleh Adobe, Quark, Inc QuarkXPress mengambil alih sebagai kekasih aplikasi desktop publishing. Tapi hari Adobe InDesign adalah tertanam kuat di sektor profesional dan membujuk lebih banyak mengkonversi pada PC dan platform Mac.

Sementara Macintosh masih dianggap oleh beberapa orang sebagai platform pilihan untuk desktop publishing profesional, puluhan “konsumen dan bisnis penerbitan desktop kecil” paket hit rak di tahun 1990-an, katering untuk legiun pertumbuhan PC / pengguna Windows. Paling penting di antara Windows rendah biaya pilihan desktop publishing, Microsoft Publisher dan Serif PagePlus terus menambahkan fitur-fitur yang membuat mereka lebih dan lebih layak sebagai pesaing dengan “aplikasi tradisional profesional.”

Dektop Penerbitan di abad ke-21 telah melihat perubahan dalam cara kita mendefinisikan desktop publishing termasuk yang melakukan desktop publishing dan software yang digunakan, meskipun banyak pemain asli tetap.

Terminologi

Ada dua jenis halaman di desktop publishing, halaman elektronik dan halaman kertas virtual yang akan dicetak pada halaman kertas fisik . Semua dokumen elektronik terkomputerisasi secara teknis, yang terbatas hanya dalam ukuran memori komputer atau komputer penyimpanan data ruang.

Halaman kertas Virtual akhirnya akan dicetak , dan oleh karena itu perlu kertas parameter yang bersamaan dengan internasional standar kertas ukuran fisik seperti “A4,” “surat,” dll, jika tidak kustom ukuran untuk memangkas. Beberapa program desktop publishing memungkinkan ukuran kustom yang ditujukan untuk pencetakan format besar digunakan dalam poster , billboard dan display menunjukkan perdagangan . Halaman virtual untuk mencetak memiliki ukuran predesignated bahan cetak virtual dan dapat dilihat pada monitor dalam WYSIWYG format. Setiap halaman untuk pencetakan memiliki ukuran trim (pinggir kertas) dan luas dicetak jika berdarah pencetakan tidak mungkin seperti halnya dengan sebagian besar printer desktop .

Sebuah halaman web adalah contoh dari sebuah halaman elektronik yang tidak dibatasi oleh parameter kertas virtual. Sebagian besar halaman dinamis elektronik dapat kembali ukuran, menyebabkan baik konten untuk skala ukuran dengan halaman atau menyebabkan konten untuk kembali aliran .

Magister halaman template digunakan untuk secara otomatis menyalin atau link elemen dan gaya desain grafis untuk beberapa atau semua halaman dokumen multipage. Linked unsur dapat dimodifikasi tanpa harus mengubah setiap instance dari suatu elemen pada halaman yang menggunakan elemen yang sama. Halaman Master juga dapat digunakan untuk menerapkan gaya desain grafis untuk penomoran halaman otomatis.

Page layout adalah proses dimana unsur-unsur yang diletakkan pada halaman teratur, estetis, dan tepat. Utama jenis komponen yang akan diletakkan pada halaman termasuk teks , terkait foto yang hanya dapat diubah sebagai sumber eksternal, dan gambar tertanam yang dapat dimodifikasi dengan aplikasi perangkat lunak tata letak. Beberapa gambar tertanam yang diberikan dalam perangkat lunak aplikasi, sedangkan yang lain dapat ditempatkan dari sumber eksternal file gambar. Teks dapat memasukkan ke dalam tata letak, ditempatkan, atau (dengan penerbitan database aplikasi) terkait dengan sumber eksternal dari teks yang memungkinkan beberapa editor untuk mengembangkan dokumen pada waktu yang sama.

Gaya desain grafis seperti warna, transparansi, dan filter, juga dapat diterapkan untuk unsur-unsur tata letak. Tipografi gaya dapat diterapkan ke teks secara otomatis dengan style sheet . Beberapa program tata letak termasuk style sheet untuk gambar di samping teks. Gaya grafis untuk gambar mungkin bentuk perbatasan, warna, transparansi, filter, dan parameter yang menunjuk arus teks jalan di sekitar objek yang disebut “sampul” atau “alasan yang bukan-bukan.”

Perbandingan dengan pengolah kata

Sementara perangkat lunak penerbitan desktop masih menyediakan fitur lengkap yang diperlukan untuk penerbitan cetak, pengolah kata modern sekarang memiliki kemampuan luar penerbitan orang-orang tua banyak aplikasi DTP, mengaburkan batas antara pengolah kata dan desktop publishing.

Pada hari-hari awal antarmuka pengguna grafis , perangkat lunak DTP berada dalam kelas tersendiri bila dibandingkan dengan aplikasi pengolah kata sederhana cukup waktu. Program seperti WordPerfect dan WordStar terutama masih berbasis teks dan menawarkan sedikit di jalan tata letak halaman, selain mungkin margin dan spasi baris. Pada sisi lain, perangkat lunak pengolah kata yang diperlukan untuk fitur seperti pengindeksan dan memeriksa ejaan, fitur yang umum di banyak aplikasi saat ini.

Sebagai komputer dan sistem operasi menjadi lebih kuat, vendor telah berusaha untuk menyediakan pengguna dengan aplikasi platform tunggal yang dapat memenuhi semua kebutuhan.

Dengan tata letak perangkat lunak elektronik lainnya

Dalam penggunaan modern, DTP kata umumnya tidak menyertakan perangkat seperti TeX atau troff , meskipun keduanya dengan mudah dapat digunakan pada sistem desktop modern dan banyak standar dengan Unix-seperti sistem operasi dan tersedia untuk sistem lain. Perbedaan utama antara elektronik susunan kata perangkat lunak dan perangkat lunak DTP adalah bahwa perangkat lunak DTP umumnya interaktif dan WYSIWYG dalam desain, sementara typesetting perangkat lunak elektronik yang lebih tua cenderung untuk beroperasi dalam modus batch , mengharuskan pengguna untuk memasukkan program markup yang bahasa pengolahan secara manual tanpa visualisasi langsung produk jadi. Gaya yang lebih tua dari software typesetting menempati ceruk besar tetapi menyusut menulis teknis dan publikasi buku, namun karena banyak perangkat lunak dalam genre ini tersedia secara bebas, dapat lebih hemat biaya daripada berorientasi sistem DTP-profesional. Hal ini juga sangat cocok untuk newsletter perusahaan atau aplikasi lain di mana konsisten, otomatis tata letak adalah penting.

Salah satu buku referensi awal dan menyeluruh pada seni Desktop Publishing adalah Desktop Publishing Untuk Semua oleh KSV Menon. Publikasi ini berkaitan dengan hampir setiap aspek penerbitan dan hampir semua alat yang tersedia pada saat penerbitan buku ini pada tahun 2000. It is currently out of print. Saat ini tidak dicetak.

Ada beberapa tumpang tindih antara desktop publishing dan apa yang dikenal sebagai Hipermedia penerbitan (yaitu desain Web, Kios, CD-ROM). Banyak grafis HTML editor seperti Microsoft FrontPage dan Adobe Dreamweaver menggunakan mesin layout yang mirip dengan program DTP. Namun, beberapa desainer Web masih lebih memilih untuk menulis HTML tanpa bantuan editor WYSIWYG dan resor dengan perangkat lunak tersebut, jika sama sekali, hanya untuk tata letak kompleks yang tidak dapat dengan mudah diberikan dalam kode HTML ditulis tangan.

 

Aplikasi DTP

Untuk daftar yang lebih lengkap, lihat Daftar perangkat lunak penerbitan desktop

Siapa yang menggunakan desktop publishing?

Hampir semua orang bisa melakukannya dengan desktop publishing software yang benar. Namun, ada kelompok tertentu yang cenderung memanfaatkan sebagian besar teknik desktop publishing.

Contohnya rumah Freelance dan desainer grafis-in, pemilik usaha kecil, sekretaris, guru, siswa, dan konsumen individu melakukan desktop publishing. Ketika perangkat lunak penerbitan desktop pertama debutnya, desktop publishing hampir eksklusif bidang desainer grafis. Namun, dengan munculnya lebih banyak perangkat lunak penerbitan desktop dan mudah digunakan, konsumen berorientasi perangkat lunak penerbitan desktop menjadi diakses ke beberapa jenis orang, termasuk non-desainer dan orang lain tanpa pengalaman desain grafis.

Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang yang melakukan penerbitan desktop untuk keuntungan (orang-orang bisnis):

  • Desainer grafis atau profesional lain (seringkali dengan beberapa pelatihan formal atau latar belakang) yang menggunakan perangkat lunak penerbitan desktop (paling sering program high-end seperti Adobe PageMaker atau QuarkXPress) untuk merancang dokumen untuk klien.
  • Bisnis kecil atau rumah berbasis bisnis orang (sering dilatih diri atau dengan latar belakang selain desain atau cetak) yang menggunakan komputer dan perangkat lunak penerbitan desktop untuk merancang dokumen untuk klien.
  • Bisnis kecil atau rumahan bisnis orang dengan pengolah kata, melanjutkan, atau kantor bisnis dukungan yang mereka menggunakan software pengolah kata (biasanya) untuk merancang dokumen bagi klien mereka pemrosesan kata.
  • Orang yang menggunakan komputer dan perangkat lunak penerbitan desktop untuk merancang dokumen untuk bisnis mereka sendiri (bukan untuk klien). Akan biasanya menggunakan low-end untuk perangkat lunak penerbitan desktop menengah dan mencetak dokumen langsung ke printer desktop mereka.
  • Sekretaris, asisten administrasi, atau kantor orang pendukung lainnya yang menggunakan perangkat lunak pengolah kata atau publikasi desktop untuk merancang dokumen untuk majikan – di samping normal mereka, tugas non-design.

Selain itu, perangkat lunak desktop publishing sering digunakan oleh konsumen untuk penggunaan pribadi untuk desktop dicetak berbagai proyek-proyek seperti kartu ucapan, newsletter keluarga, dan lain proyek pencetakan kreatif.

Desktop Penerbitan di abad ke-21 juga mencakup atau elektronik penerbitan online, termasuk dokumen PDF, halaman Web, eBook, dan newsletter email. Seperti halnya dengan penerbitan media cetak, baik desainer profesional dan non-desainer terlibat dalam pengembangan dokumen desktop publishing untuk online / ditampilkan di layar.

 

Praktek Desktop Publishing

Desktop Publishing menawarkan dann menjanjikan pembuatan naskah secara optimal. Jika Anda berpendapat bahwa setelah Anda membeli komputer dan laser printer maka segalanya akan beres dengan menggunakan software yang canggih, pendapat Anda tentu salah dan Anda akan kecewa tentang hal itu

Bahkan merupakan masalah lagi bagi program Desktop Publishing untuk menangani naskah dari program teks dan membuat pola tanpa kesalahan berdasarkan kriteria yang ditetapkan.

Jika Anda ingin mengerjakan naskah dengan suatu blok naskah atau tabel dengan huruf yang propotional, maka Anda akan mendapatkun hasil yang memuaskan

Program Desktop Publishing

·         Personal Publisher

Dari semua yang paling murah dari program Desktop Publishing adalah Personal Publisher dari Klick Art. Jika Anda menginstalasikan PC dan memulainya, pada monitor Anda akan menemukan daerah penggunaan, yang sukar untuk dibedakan dengan monitor dari apple Macintosh Programnya akan dikirimkan sebagai versi dasar basis, yang bekerja sama dengan matrix printer. Sebagai tambahan akan dikirimkan juga sistem untuk laser printer, beberapa jenis tulisan dan pustaka. Programnya membutuhkan paling sedikit 512 KByte RAM dan dua drive. Hu bungan ketra dengan program lain sangat mudah karena hampir semu fungsi akan diterangkan dengan menu Pulldown, yang akan diperlihatkan pada layar monitor bagian atas.

·         Harvard Professional Publisher

Harvard Professional Publisher (HPP) adalah produk kelas menengah dari software Publishing.” Yonior Product”-nya ialah Personal Publisher dan “senior Product”-nya ialah Superpage II. Superpage II  adan HPP dikembangkan oleh Bestito dan mempunyai bagian potongan data. Perbedaanya dengan Ventura Publisher dan PageMaker ialah sistim pelayananya mempergunakan pelayanan permukaan, yang dikendalikan oleh menu HPP

·         Super Page 2

Super Pge adalah program dalam membuat naskah/teks. Program ini dapat digunkan untuk membuat majalah. Program ini lebih lengkap dibandingkan dengan Harvard Professional Publisher. Pada Super Page dapat menulis banyak jenis huruf pada setiap dokumen. Perbedaan yang menjolok di antara 2 program tersebut adalah pada pengendalian output/keluaran.

·         Scientex-Publisher

Scientex-Publisher merupakan pengembangan dari program Scientex. Program ini dikendalikan dengan tombol-tombol fungsi. Arti dari tombol fungsi dapat dibaca pada bagian layar. Program ini dapat langsung dikumpulkan dengan scanner. Gambar-gambar dapat diambil alih ke halaman. Perbedaan lainnaya ialah pada Macronya. Pada say mencetak, selutuh jenis tulisan akan dikendalikan secara langsung Laser Printer bekerja dengan kecepatan maksimal, selama tidak terintegrasi gambar pada teksnya.

·         First Impression

First Impression, yang dikembangkan olehMegaus Coporation, dititikberatkan pada pembuatan teks dan penampilan halaman pada dokumen laser. Program ini menyediakan modul teks. Modul teks ini dapat menawarkan Open Acsess II dan dapat menagani dokumen denagn jumlah yang cukup besar. Jimlah halaman dapat mencapai 32.000. Dengan demikian salah satu masalah pada program Desktop Publishing sudah terselesaikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: