Tugas PTK 1

Awal perkembangan teknologi

Pengalaman manusia yang tumbuh mulai sesuatu yang sangat sederhana hingga menjadi kompleks dalam jaman kontemporer. Teknologi pertama yang ditemukan oleh manusia adalah terjadi pada 2 hingga 3 juta tahun yang lalu, yang dikenal sebagai “jaman batu” (stone age). Teknologi tersebut berupa batu yang tajam atau runcing yang digunakan manusia untuk mengolah makanan dan membuat baju. Perkembangan teknologi berikutnya adalah kemampuan dalam mengontrol api. Manusia pada jaman tersebut sudah mampu membuat api serta menciptakan alat yang menyebabkan api tidak mudah mati. Kemajuan teknologi awal berkahir pada jaman perunggu ( bronze age ) ketika manusia telah menemukan logam dan menggunakannya sebagai alat bantu dalam pengolahan material lingkungannya. Inilah masa yang disebut sebagai early technology age yaitu masa teknologi awal. Tahapan selanjutnya merupakan penemuan-penemuan teknologi lanjutan yang secara garis besar terbagi dalam tiga gelombang besar peradaban manusia (Alvin Tovler ; 1980). Perkembangan peradaban manusia tersebut adalah gelombang pertama terjadi pada tahun 8000 tahun sebelum masehi hingga 1700 sebelum masehi, gelombang kedua terjadi 1700 sebelum masehi sampai dengan tahun 1970 dan gelombang ketiga terjadi pada tahun 1979 hingga tahun 2000.

a. Periode gelombang pertama ( 8000 BC – 1700 BC )

Gelombang pertama disebut sebagai jaman pertanian semua teknologi yang dihasilkan manusia pada jaman tersebut didayagunakan untuk keperluan pengolahan material dalam bercocok tanam. Komunitas pertanian tersebut yang terkenal berada di Syria, Turkey, Lebanon, Israel, Jordan, Greece, pulau Kreta dan Cyprus.

b. Periode gelombang kedua ( 1700 BC – 1970 )

Gelombang kedua disebut sebagai jaman industri, yang ditandai dengan ditemukannya mesin uap oleh James Watt pada tahun 1785. Momen ini merupakan awal dimulainya revolusi industri yang juga ikut mendorong lahirnya berbagai macam teknologi baru dalam kehidupan manusia.

c. Periode Gelombang ke tiga (1970 – 2000)

Periode ini disebut sebagai jaman informasi yang sangat populer jargon-jargonnyapada akhir abad 20. Orientasi teknologi terpusat pada penggunaan energi yang dapat diperbaharui (renewable energy), penerbangan dan angkasa luar, genetika dan biologi serta komunikasi. Akibat dari munculnya teknologi di gelombang ke tiga ini maka manusia secara individual tidak lagi hanya menjadi konsumen tetapi juga dapat menjadi produsen. Urbanisasi yang besar-besaran terjadi pada gelombang ke dua kini digantikan dengan orientasi global yang menyebabkan deurbanisasi karena jarak ruang dan waktu bukan lagi menjadi halangan.

 

Perkembangan Teknologi Komunikasi Modern

Pada jaman modern ini, semua hal telah berkembang dengan pesat. Termasuk teknologi dan komunikasi. Teknologi untuk mempermudah komunikasi orang pun semakin lama semakin berkembang. Namun sebenarnya, bentuk komunikasi modern saat ini merupakan revolusi dari bentuk komunikasi di masa lalu. Seperti video call, video conference lewat internet, pengiriman data melalui bluetooth, itu semua merupakan bentuk komunikasi yang kelihatan tidak realistis di masa lalu, namun berkat perkembangan teknologi, kita bisa merasakan kemudahan itu semua saat ini.

Hal ini menunjukkan adanya revolusi di dalam teknologi komunikasi saat ini. Revolusi komunikasi ini membentuk industri komunikasi dan masyarakat yang ada di dalamnya. Revolusi ini merupakan pengembangan dari konsep – konsep dasar.

Konsep yang pertama adalah sistem komunikasi. Konsep ini beranggapan bahwa informasi dapat dikodekan, lalu kemudian dipertukarkan. Sistem komunikasi dalam konsep ini mencakup alat komunikasi dan aplikasinya. Dampak dari penggunaan alat tersebut adalah bentuk manipulasi, serta kemungkinan bentuk pertukaran informasi. Lalu, konsep yang kedua adalah informasi. Informasi disini diartikan sebagai koleksi simbol – simbol yang dapat dikombinasikan untuk menyampaikan pesan. Informasi terbagi menjadi dua, yaitu sebagai sinyal yang cocok digunakan dengan peralatan seperti sistem bluetooth contohnya, dimana gelombang radiolah yang berperan sebagai informasi, dan informasi sebagai definisi yang diperluas.

Perkembangan teknologi komunikasi telah memberikan pengaruh pada struktur sosial masyarakat yang telah melahirkan kelas sosial secara global. Dulu, kelompok sosial seseorang dipengaruhi faktor ekonomi, politik dan pendidikan. Namun pada saat ini, perbedaan tersebut menjadi nyata ketika seseorang mempunyai informasi atau tidak, karena orang yang memiliki jaringan informasi akan jauh lebih menguntungkan dibandingkan orang yang tidak memiliki jaringan informasi. Selain itu, faktor lain yang membentuk kelas sosial adalah konvergensi teknologi, implikasi ekonomi, demokratisasi informasi, intelektual properti dan privasi.

Orang beranggapan bahwa akses informasi merupakan hal yang berharga dan ketinggalan informasi serta ketidakmampuan untuk mengakses informasi merupakan hal yang sangat merugikan, karena informasi merupakan komoditi yang sangat berharga bagi masyarakat saat ini.

Dan karena tuntutan ini, maka teknologi terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan akses informasi bagi masyarakatnya, baik dalam konsep maupun infrastruktur yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat tergantung pada teknologi untuk berada dalam posisi yang menguntungkan, yaitu mendapatkan informasi. Akibatnya, jika sampai terjadi kesalahan atau kegagalan dalam operasi teknologi tersebut, maka masyarakat akan menjadi kalang kabut karena sesungguhnya kita sudah sangat bergantung pada teknologi ini.

Contohnya saja produk smartphone BlackBerry. Masyarakat yang sudah tergantung pada gadget satu ini akan kalang kabut kalau BBnya tidak dapat signal atau tidak bisa BBMan. Apalagi yang menggunakan produk ini untuk bisnis. Hal tersebut akan sangat berpengaruh. Dan tanpa BB orang dikatakan akan sulit menerima informasi, karena banyak informasi yang beredar di BBM.

Technical Foundation of Modern Communication merupakan hasil dari perkembangan teknologi yang menjadi fondasi perkembangan bentuk komunikasi yang adalah bentuk komunikasi modern yang kita rasakan saat ini. Di dalam fondasi teknis ini, konsep yang pertama ialah transducer, yaitu alat yang mengubah satu bentuk energi menjadi bentuk energi lainnya. Contohnya mikrofon yang ketika kita memasukkan suara, maka mikrofon tersebut akan mengubah gelombang suara menjadi energi listrik atau sinyal elektrik yang akan diubah kembali di penerima, bisa berupa speaker atau recorder. Transducer ini juga dapat berupa perluasan dari indera manusia. Seperti kamera sebagai perluasan indera penglihatan.

Konsep kedua adalah gelombang yang terdiri dari amplitudo, besarnya gelombang dan frekuensi jumlah gelombang yang tertangkap selama satu detik (1 cycle per second = cps). Satuan dari frekuensi adalah Hz diambil dari nama Heinrich Hertz. Konsep berikutnya adalah modulation konsep informasi yang diubah menjadi gelombang dan kemudian ditransmisikan, bandwitch konsep besar dan lebar saluran data, dan noise yang secara harafiah adalah gangguan yang dapat terjadi di dalam proses transmisi informasi, bisa berupa tabrakan gelombang radio yang merusak kualitas suara radio yang kita terima.

Perkembangan teknologi yang memungkinkan bentuk komunikasi saat ini adalah teknologi digital yang terdiri dari dua macam konversi, yaitu Analog to Digital Convertion (ADC), yang mengonversi sinyal analog menjadi sinyal digital. Dan Digital to Analaog Converters (DAC), yang merupakan alat untuk mengonversi kembali sinyal digital menjadi sinyal analog.

Teknologi digital ini memiliki banyak keuntungan, yaitu proses pengolahan sinyal digital yang dapat dilakukan oleh komputer. Sehingga komputer memiliki kemampuan untuk mengubah bentuk sinyal digital. Selain itu, sinyal digital dapat dengan mudah diduplikasi sehingga meringankan biaya dalam proses komunikasi massal.

Diluar itu ada juga masalah yang mungkin timbul seperti kemungkinan perubahan kualitas pesan. Dominasi analog yang telah berkembang sebelum teknologi digital juga merupakan masalah. Hal ini karena banyak bentuk informasi yang berupa analog seperti TV, telepon, dan radio yang membutuhkan proses ADC dan DAC sehingga mengurangi efisiensi teknologi ini.

Akibat perkembangan teknologi komunikasi, orang-orang menganggap bahwa informasi merupakan hal yang sangat penting, sehingga orang yang ketinggalan informasi tidak akan memahami atau memiliki akses teknologi komunikasi dan berada di posisi lebih rendah daripada orang lain. Untuk itu alangkah lebih baik jika kita mampu memahami penggunaan teknologi komunikasi supaya kita tidak terjebak sebagai pengguna yang hanya bisa mengikuti perkembangan produk teknologi tanpa bisa berpartisipasi secara aktif didalamnya.

 

Faktor faktor yang mendukung perkembangan teknologi komunikasi

Pertama, dibutuhkan infrastruktur yang memungkinkan akses informasi di manapun dengan kecepatan yang mencukupi.

Kedua, faktor SDM menuntut ketersediaan human brain yang menguasai teknologi tinggi.

Ketiga, faktor kebijakan menuntut adanya kebijakan berskala makro dan mikro yang berpihak pada pengembangan teknologi informasi jangka panjang.

Keempat, faktor finansial membutuhkan adanya sikap positif dari bank dan lembaga keuangan lain untuk menyokong industri teknologi informasi.

Kelima, faktor konten dan aplikasi menuntut adanya informasi dari yang disampai pada orang, tempat, dan waktu yang tepat serta ketersediaan aplikasi untuk menyampaikan konten tersebut dengan nyaman pada penggunanya.

Keenam, faktor globalisasi menyebabkan Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan manusia merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: